Selasa, 26 Mei 2009

SMPN 3 WATES MENUJU SSN

Pemerintah dalam hal ini Depdiknas terus memcacu sekolah-sekolah negeri untuk meningkatkan eksistensinya. Eksistensi sekolah-sekolah negeri tercermin dari akreditasi sekolah tersebut. Salah satu persyaratan menuju Sekolah Standar Nasional (SSN) adalah akreditasi sekolah adalah A. Untuk menuju ke akreditasi A sekolah harus membenahi dalam segala aspek yang berkaitan dengan akreditasi itu sendiri. Persyaratan-persyaratan yang dimaksud antara lain SDM guru, kelulusan, animo peserta didik yang masuk, dll.Tentu semua aspek yang menjadi persyaratan itu tidak langsung dipenuhi oleh sekolah yang ingin meraih SSN, akan tetapi membutuhkan proses persiapan.

Dalam Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) skala prioritas yang ditetapkan apakah sudah tepat atau belum. Misalnya, SDM guru perlu ditetapkan dalam jangka waktu tertentu semua guru sudah memiliki kelayakan mengajar yaitu berijazah S1(Sarjana) yang relevan dengan mata pelajaran yang diampuh. didukung dengan tenaga administrasi yang kompeten. Selanjutnya Kepala Sekolah memotivasi gurunya dan memberikan kesempatan dan dukungan untuk melanjutkan studi ke S2 (Porgram Magister).Dengan pemikiran tersebut perlu adanya penataan guru dalam mengampuh mata pelajaran sesuai dengan basik atau keahliannya. Dalam realitanya SMP Negeri 3 Wates Kabupaten Kediri telah memiliki guru yang berijhazah S2 sejumlah 3 tiga) orang sedangkan yang lain masih berijazah S1. Namun dalam proses pembelajaran guru yang mengampuh mata pelajaran ada yang tidak sesuai karena kelebihan guru dalam bidang studi tertentu. Hal tersebut perlu ada suatu kebijakan penataan kembali sehingga SMP Negeri 3 Wates dalam waktu dekat sudah dapat menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN).

Tingkat kelulusan pada SMP Negeri 3 Wates dari tahun ke tahun sudah menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan. Untuk memacu tingkat kelulusan sesuai dengan standar SSN diperlukan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai terutama menyangkut media pembelajaran teknologi terkini.Walaupun saat ini sudah ada pengadaan namun belum memenuhi standar untuk memacu tingkat kelulusan. Belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai berdampak pada animo peserta didik yang masuk ke SMP Negeri 3 Wates. Memang dalam realitanya pada 2 (dua) tahun terakhir ini SMP Negeri 3 Wates menolak begitu banyak pendaftar dikarenakan telah memenuhi Pagu yang telah ditetapkan oleh Diknas Pendidikan kabupaten Kediri.

Pada saat ini SMP Negeri 3 Wates, kabupaten Kediri termasuk dalam kategori sekolah potensial. Dikategorikan sebagai sekolah potensial karena telah memenuhi persyaratan menuju SSN.Semoga SMP Negeri 3 Wates dibawah kepemimpinan Bpk.H.M.ZUBAIDI,S.Pd., MM. dapat menjadi Sekolah Standar Nasional. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar